Monday, April 6, 2009

26 solution to save the world

Save The Universe

Bahwa perubahan iklim merupkan isu global yang kerap keluar dari mulut para petinggi, baik nasional maupun international, bukan berarti Anda tidak dapat terlibat untuk mengatasi akibatnya. Tidak perlu memikirkan hal-hal yang terlalu besar dan di luar kemampuan. Mulailah dari hal-hal kecil dan sehari-hari Anda lakukan, karena ternyata ada banyak kebiasaan atau pola hidup yang turut mempengaruhi perubahan iklim tersebut.

Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan dalam rangka melindungi kesehatan dari perubahan iklim, dari A-Z yang disarikan dari brosur yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan RI dan WHO.

A ct now. Bertindaklah dari sekarang.

B uy energy efficient appliances. Gunakan perangkat rumah tangga yang hemat energy.

C alculate your personal footprint and cut your green house emissions.

D ebate, discuss, and distribute leaflets, brochures, and posters on climate change and environmental health issues.

E njoy the sun! Nikmati matahari. Gunakan panel surya untuk air panas.

F ridge. Jangan biarkan pintu lemari es terbuka lebih lama.

G o green! Terapkan falsafah hijau. Gunakan berbagai perangkat yang ramah lingkungan.

H alf your emissions. Kurangi emisi Anda hingga separuhnya.

I nvolve your family, friends, children, and neighbours! Libatkan teman, keluarga, dan lingkungan untuk menyebarkan kampanye lingkungan.

J oin an environmental group. Bergabunglah dengan suatu kelompok lingkungan. Cari tahu aksi apa saja yang dilakukan oleh kelompok lingkungan di sekitar Anda atau bentuklah kelompok baru!

L amps. Lampu. Ganti bola lampu yang Anda gunakan dengan bola lampu neon hemat energi. Meski sekilas lebih mahal, namun pada akhirnya Anda turut berhemat karena energy yang digunakan jauh lebih kecil dibandingkan lampu biasa.

M inimize. Kurangi penggunaan bahan-bahan kimia beracun. Gunakan bahan-bahan untuk cat, pembersih, dan pengusir hama yang tidak beracun atau dapat dihancurkan ( bio-degradable ).

N etwork. Jalin jejaring dengan lembaga khusus yang peduli masalah lingkungan.

O ff! Matikan perangkat elektronik yang tidak digunakan, seperti televise, penyejuk udara, video dan komputer.

P lant tress. Tanamlah pohon.

Q uit plastic bags. Berhentilah menggunakan kantong plastic saat bebelanja. Gunakan kantong plastic yang dibawa sendiri.

R eclycle, repair, and reuse materials.

S ave paper. Hematlah kertas yang digunakan. Cetaklah dokumen bolak-balik sehingga Anda mengemat banyak kertas.

T raver smart. Bijaksanalah berpergian. Kurangi berpergian menggunakan pesawat udara. Berpergian dengan pesawat udara berkontribusi secara signifikan pada emisi karbon dioksida.

U se less energy and conserve more of it. Gunakan lebih sedikit energy dan berhematlah lebih banyak. Jangan menghamburkan air. Matikan keran jika sedang menggosok gigi atau menyabuni badan.

V alue waste. Jangan membuang sampah sembarangan. Pisahkan sampah yang dapat didaur ulang, dan sebisa mungkin gunakan sampah organik untuk membuat pupuk kompos.

W rite letters about health impact of climate change to the local newspaper. Sebarkan informasi tentang dampak perubahan iklim.

X –press your concerns on environmental health issues and solutions and stay informed. Nyatakan kepedulian Anda.

Y our president, prime minister, parliamentarian or local leaders needs to know about the impact of climate change on health.

Z oom in reducing emissions.



No comments: